About Me

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Definisi dari Sistem Informasi ialah Suatu Sistem terintegrasi yang mampu menyediakan Informasi yang bermanfaat bagi penggunanya. Atau; Sebuah Sistem terintegrasi atau Sistem manusia-mesin, untuk menyediakan Informasi untuk mendukung operasi, manajemen dalam suatu organisasi. Sistem ini memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak komputer, prosedur manual,model manajemen dan basis data

Menurut Robert A. Leitch, Sistem Informasi adalah suatu Sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

Sistem informasi manajemen adalah pendekatan-pendekatan yang direncanakan dan disusun untuk memberikan bantuan piawai yang memudahkan proses manajerial kepada pejabat pimpinan (The Encyclopedia of Management).

Suatu sistem informasi manajemen adalah suatu system formal mengenai hal melaporkan, menggolongkan, dan menyebarkan informasi kepada orang-orang yang tepat dalam suatu organisasi (Burt Scanlan and J. Bernards Keys).

Sistem informasi manajemen adalah keseluruhan jalinan dan jaringan lalulintas keterangan-keterangan dalam organisasi mulai dari sumber yang melahirkan bahan keterangan melalui proses pengumpulan, pengolahan, penahanan smpai penyebarannya kepada para pejabat yang berkepentingan dapat melaksanakan tugas-tugas dengan sebaik-baiknya dan terakhir tiba pada pimpinan untuk keperlua pembuatan keputusan- keputusan yang tepat (The Liang Gie).

Dalam Ensiklopedia Administrasi, managemen information system diterjemahkan dengan “sistem informasi” untuk pimpinan, dan berarti : Keseluruhan jaringan informasi yang ditujukan kepada pimpinan untuk keperluan pelaksanan fungsi pimpinan, khususnya pembuatan keputusan yang tepat

Sistem informasi ini meliputi kegiatan-kegiatan:

a. Pengumpulan/penciptaan data
b. Pengolahan data menjadi informasi yang siap dipergunakan

Dari beberapa pengertian diatas maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa:

1) Suatu sistem adalah suatu susunan yang teratur dari kegiatan-kegiatan yang saling tergantung dan prosedur-prosedur yang saling berhubungan, yang melaksanakan dan mempermudah kegiatan utama organisasi

2) Suatu subsistem adalah serangakaian kegiatan yang ada hubungannya satu sama lain dlam suatu sistem.

3) Data adalah fakta-fakta, angka-angka, statistic-statistik, dan sebagainya, yang daripadanya dapat ditarik kesimpulan.

4) Informasi adalah data-data yang telah diolah untuk memberikan pengertian

 5) Manajemen dapat dipandang sebagai suatu proses atau sebagai orang (atau orang-orang).

6) Sebagai proses manajemen adalah proses kegiatan yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan bersama-sama atau dengan perantaraan orang lain.

7) Sebagai orang atau orang-orang manajemen adalah orang yang melaksanakn kegiatan tersebut.

8) Sistem informasi manajemen adalah jaringan prosedur pengolahan data yang diperkembangkan dalam suatu organisasi dan disatukan apabila dipkalianng perlu, dengan maksud memberikan data kepada manajemen setiap waktu diperlukan, baik data yang bersifat intern maupun yang bersifat ekstern, untuk dasar pengambilan keputusan dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Dalam sistem informasi manajemen, terdapat alur yang menggambarkan rangkaian prosedur kerja dalam lingkup organisasi/perkantoran berkaitan dengan cara, metode, serta teknik untuk mendapatkan, mengolah dan menyalurkan data atau informasi. Sistem informasi manajemen yang dibangun oleh setip ogranisasi atau perkantoran berbeda antara organisasi yang satu dengan organisasi yang lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar