About Me

Pengertian Cake, Gateaux, Torte dan Klasifikasi Adonan Cake, Gatiex, dan Torte

A. Pengertian Cake, Gateaux dan Torte
Beberapa pengertian Cake,Gatoex dan Torte menurut para ahli dapat diuraikan sebagai berikut:

Cake menurut Faridah dkk (2008:299) adalah adonan panggang dengan bahan dasar tepung terigu, gula, telur dan lemak serta cake dapat dibuat dengan bahan tambahan yaitu garam, bahan pengembang.

Gateaux menurut Megawati dkk (2013:22) adalah “Kue yang terbuat dari bahan dasar ‘butter sponge’ atau disebut dengan layer cake”. Gateaux berasal dari Bahasa Perancis kuno yang artinya cake. Gateaux yang pertama dibuat ialah kue bundar datar yang dibuat menggunakan tepung dan air, tetapi selama berabad-abad ini telah diperkaya dengan menggunakan campuran madu, telur, rempah-rempah, mentega, susu dank rim. Jenis-jenis Gateaux yaitu Gateaux Africaine, Gateaux meringue, gateaux st-Honore. Gateaux yang termasuk kue klasik adalah Gateaux StHonore.

Torte berasal dari Bahasa Jerman yang artinya kue lapis. Torten disajikan dengan cara disusun, dilapisi dengan berbagai macam filling dan covering dengan berbagai macam bahan penutup/topping. Torte yang termasuk kue klasik adalah Sacher Torte. Sumber lain menyebutkan Torteialah kue yang berlapis-lapis yang merupakan kombinasi dari sponge cake dengan rasbery, butter cream dan coklat sebagai isian. Kue tersebut dapat ditaburi hazelnut panggang yang dicincang dan dihias caramel. Torte ini meluas hingga ke daratan Austrtalia., Perancis dan Inggris. Kue yang serupa Dobos Torte (Hungarian Sponge cakes) disebut Tortes, meluas ke daratan Eropa. Kue ini banyak dibuat di New Jersey, Michigan, dan Montana. Di new Orleans kue jenis ini dinamakan Doberge.

Berdasarkan uraian di atas gateaux dan torte merupakan istilah cake yang digunakan dari negara lain, gateaux merupakan cake yang berasal dari Perancis, sedangkan torte adalah istilah cake dari Jerman. Jadi gateaux dan torte merupakan bagian dari cake hanya penyebutan nama yang berbeda.

B. Klasifikasi Adonan Cake, Gatiex, dan Torte
Klasifikasi adonan cake terbagi menjadi 4 macam yaitu butter type cake, sponge cake, foam type cake, dan rich cake. Setiap Klasifikasi adonan cake memiliki kepadatan dan tekstur yang berbeda. Berikut ini pemaparan mengenai klasifikasi cake disertai dengan metoda:

1. Butter Type Cake
Butter Type cake adalah adonan cake yang dibuat dari mentega yang dikocok bersama gula hingga creamy. Cake jenis ini memerlukan bahan pengembang berupa baking powder atau soda kue. Biasanya jenis butter type cake memiliki perbandingan yang sama antara lemak dan tepung terigu. Metoda pembuatan butter cake terbagi menjadi beberapa macam yaitu :

a) Pound method
Campur bahan-bahan kering (tepung, baking powder, garam, dan gula) , kocok dengan kecepatan rendah selama sekitar 30 detik atau sampai rata.Tambahkan mentega dan setengah dari campuran telur. Kocok pada kecepatan rendah sampai bahan kering basah.Tingkatkan kecepatan mixer pada kecepatan sedang selama sekitar satu menit. Kemudian Secara bertahap tambahkan campuran telur yang tersisa

b) All in one
Menurut cara ini semua bahan baku dikocok secara bersama – sama hingga lembut. All in one dipergunakan skala industry besar

c) Sugar batter method ( creamy method )
Sugar batter method merupakan cara membuat butter cake dengan cara mengkremkan lemak dengan gula hingga lembut terlebih dahulu, kemudian masukkan telur dan proses terakhir masukkan tepung terigu . Proses pencampuran dengan telur dilakukan dengan dua cara yaitu telur dimasukkan satu persatu dan pemisahan antara kuning telur dan putih telur. Putih telur tersebut disebut juga dengan meringue.

Sumber : Modul 5 Patisera PPG Dalam Jabatan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi 2018

Posting Komentar

0 Komentar