About Me

Pengertian Salad Indonesia, Fungsi dan Klasifikasi Salad Indonesia

1. Pengertian Salad Indonesia
Salad Indonesia merupakan hidangan yang terbuat dari bahan sayuran, buah, telur, tahu, tempe dan daging yang telah dipotong atau diserut dicampur atau disiram dengan saus gula, saus kacang, saus petis, kuah ikan, sambel kelapa tergantung pada hidangan yang akan diolah. Olahan salad Indonesia sangat beragam, setiap daerah memiliki kekhasaan saladnya masing-masing. Dalam perkembangannya salad dapat diartikan suatu hidangan yang dapat dibuat dari sayuran, daging, ikan, buah atau berupa campuran dari beberapa bahan tersebut, baik dalam keadaan mentah atau sudah diolah dan disajikan dengan dicampur saus. Salad dapat di sajikan dingin.

Hidangan seperti salad di dalam makanan eropa, di Indonesia di kenal dengan bermacam-macam hidangan dari sayuran dengan berbagai saus yaitu saus kacang, kelapa berbumbu, kaldu ikan. Seperti karedok, pecel, gado-gado, ketropak, lotek, Jadi salad Indonesia merupakan suatu sajian hidangan yang terdiri dari satu jenis sayuran atau beberapa jenis sayuran baik yang melalui proses pemasakan (matang) maupun tidak (mentah). Bahan makanan yang digunakan berasal dari sumber karbohidrat (kentang), sumber protein (Jawa : cingur, kulit sapi, daging ayam, tahu, tempe) dan dihidangkan bersama dengan saus dengan pelengkapnya berupa kerupuk atau emping.

2. Fungsi Salad Indonesia
Fungsi salad Indonesia adalah sebagai pembangkit selera makan sebelum makanan utama disajikan, selain itu dapat juga dimakan sebagai makanan selingan atau sebagai lauk pauk dalam susunan menu lengkap.

3. Klasifikasi Salad Menurut Jenis Hidangannya

a. Asinan atau rujak cuka
Merupakan hidangan terbuat dari irisan sayuran atau buah dengan bumbu pengacaran yaitu campuran garam dan cuka dan kuah cabe. Garam dan cuka berfungsi untuk mengawetkan bahan dan memberi rasa asin sehingga memiliki rasa asin maka disebut asinan. Asinan sangat beragam diantaranya asinan bogor merupakan asinan pengaruh dari makanan cina yang sudah ratusan tahun berada di daerah itu. Asinan bogor terdiri dari asinan buah dan asinan sayuran, asinan buah terbuat dari buah pepaya, bengkuang, mangga, lobi-lobi, nenas, kedondong, kemang. Asinan sayuran terbuat dari kol, toge, bawang kucai putihnya, mentimun, wortel, ubi jalar, antanan, sawi asin. Asinan bogor di sajikan dengan taburan kacang tanah kerupuk mie kuning. Sedangkan asinan betawi yang berasal dari jakarta yaitu asinan yang terbuat dari sayuran mentah kol, toge, sawi asin, selada, tahu, disajikan dengan bumbu kacang dan ditaburi kerupuk mie.

b. Rujak
Merupakan hidangan khas Makanan Indonesia pada umumnya rujak terbuat dari buah-buahan dengan saus gula, rujak bermacam-macam ada rujak “coel “ (jawa barat), rujak cingur, rujak beubeuk (jawa barat). Rujak coel disebut juga rujak buah, disebut di “coel” karena cara makannya buah dicocolkan pada bumbu. Rujak ini berasal dari daerah jawa barat, buah-buahan terpisah dengan bumbunya. Rujak beubeuk berasal dari jawa barat terbuat dari bahan buah-buahan yang disatukan dengan bumbu gula merah, pisang batu, terasi, cabe yang ditumbuk menggunakan alu dan lumpang kecil diasjikan dengan cara dipinjuk dengan suru sebagai sendoknya. Rujak cingur berasal dari surabaya terbuat dari potongan buah dan sayuran ditambah cingur sapi, tempe yang di siram dengan sambel petis kacang. Bahan yang digunakan untuk rujak cingur yaitu bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, lontong, tahu, tempe, cingur serta sayuran toge, kangkung, kacang panjang yang dicampur dengan sambel petis, kacang tanah, pisang klutuk disatukan dengan cara diulek. Bahan disusun kemudian disiram dengan kuah petis.

c. Urap
Hidangan ini terbuat dari sayuran yang diiris lalu direbus dicampur dengan bumbu kelapa parut yang dimasak terlebih dahulu. Bumbu yang digunakan yaitu kelapa parut, cabe merah, kencur, bawang putih, garam, gula merah ditumis sampai agak kering. Sayuran yang digunakan terdiri dari kangkung, kecipir, kol, toge, kacang panjang. Sayuran yang matang di campurkan dengan bumbu kelapa.

d. Gado- gado
Hidangan ini berasal dari betawi atau jakarta, gado-gado terbuat dari bahan sayuran, tahu, tempe, telur rebus disertai dengan saus kacang yang terdiri dari kacang tanah, bawang putih, bawang merah, gula merah, garam, kecap, santan dan kentang dihaluskan, sausnya halus dan agak encer, bahan sayuranya terdiri dari kacang panjang, kol, selada, bunga kol, mentimun yang disajikan dengan irisan tempe, irisan telur rebus, bawang goreng. Gado-gado dapat di sajikan dengan nasi atau lontong dan kerupuk, gado-gado disebut juga makanan sepinggan.

e. Karedok
Hidangan ini berasal dari Jawa Barat. Karedok terdiri dari bermacam – macam sayuran mentah yang di iris –iris kemudian dicampur dengan sambal kacang yaitu kacang tanah, bawang putih, gula merah, garam, terasi, oncom bakar, kencur, air jeruk limo di ulek halus campurkan dengan sayuran iris mentah ditambah daun kemangi. Sayuran yang digunakan adalah kacang panjang, terung glatik, mentimun, bengkuang, taoge, kol dan daun kemangi. Dilengkapi dengan bawang goreng dan kerupuk.

f. lotek
Hidangan yang berasal dari jawa Barat ini terbuat dari bahan sayuran yang diiris dan direbus dengan menambahkan sambel kacang yang terdiri dari kacang tanah, bawang putih, kencur, terasi, gula merah, garam, cabe, air jeruk limo diulek halus dicampurkan dengan sayuran. dalam ulekan, sayuran yang digunakan yaitu kangkung, kol, selada air, toge, genjer, labu siam yang direbus. Disajikan dengan dilengkapi irisan tahu, bawang goreng dan kerupuk. Lotek dapat di sajikan dengan nasi atau lontong.

g. Ketoprak
Ketoprak adalah hidangan khas yang berasal dari Jakarta. Bahan makanan yang digunakan antara lain tahu goreng, kentang kukus, bihun, tauge pendek dan telur rebus. cara menghidangkannya dengan menyusun semua bahan makanan lalu disiram dengan saus kacang tanah yang diulek agak kasar dengan kecap langsung disiramkan dengan toping emping goreng.

j. Pecel
Pada hidangan ini dapat digunakan sayur – sayuran seperti pada urap. Setelah sayur – sayuran direbus, dihidangkan dengan sambal pecel. Sambal pecel adalah sambal kacang yang dibumbui cabai, bawang putih, terasi, kencur, garam, gula dan asam, daun jeruk purut. Sambal pecel dicairkan dengan air masak lalu dihidangkan tersendiri atau disiram di atas sayuran. Disajikan dengan daun kemangi, rempeyek atau kerupuk legendar.

Sumber : Modul 4 Pengolahan Dan Penyajian Makanan PPG Dalam Jabatan Kementerian Riset, Teknologi, Ddan Pendidikan Tinggi 2018

Posting Komentar

0 Komentar