About Me

Pengertian Makanan Indonesia dan Klasifikasi makanan Indonesia | Prinsip Dasar Makanan Indonesia

Prinsip dasar makanan Indonesia meliputi pengertian dan klasifikasi makanan Indonesia.

1. Pengertian Makanan Indonesia
Makanan Indonesia adalah makanan yang berasal dari berbagai daerah dengan kekhasannya yang tersusun dari mulai makanan pokok/utama, lauk pauk hewani, nabati, sayuran sambel, sedap-sedapan dan minuman, dengan memiliki ciri banyak menggunakan bumbu dan rempah dengan dilengkapi kerupuk.

2. Klasifikasi Makanan Indonesia
Makanan Indonesia terbagi menjadi makanan pokok, lauk pauk khewani dan nabati, sayuran, sambal, sedap-sedapan dan minuman.

a. Makanan pokok yaitu makanan yang dikonsusmi sebagai bahan utama dengan porsi yang banyak dan memiliki ciri dari setiap daerah, bangsa Indonesia memiliki makanan pokok yang sangat beragam yaitu nasi, nasi jagung, singkong, ubi, pisang sagu, setiap daerah memiliki makanan pokok tersendiri

b. Lauk pauk merupakan hidangan sebagai pelengkap dari makanan pokok dengan porsi yang kecil, lauk pauk dalam makanan indonesia terdiri dari bahan khewani seperti daging, unggas, ikan, udang telur sedangkan dari bahan nabati seperti tahu, tempe, oncom. Lauk pauk setiap daerah di Indonesia sangat beragam pengolahannya menggunakan berbagai macam teknik pengolahan kadang menggunakan dua atau tiga teknik memasak seperti lauk pauk yang di bakar contohnya ayam bakar, ayam taliwang, ikan bakar, sate, udang bakar. Lauk pauk yang digoreng seperti ayam goreng kalasan, tempe goreng, tahu goreng, telur goreng, ikan goreng, udang goreng. Lauk pauk yang dipepes dikukus seperti “pais lauk mas”, “pais “hayam”, garam asem, gadon. Lauk pauk yang di semur seperti semur daging, malbi, lauk pauk yang di rebus dan digoreng seperti gepuk, empal. Lauk pauk berfungsi sebagai pelengkap dengan nasi atau makanan pokok lainnya dapat disajikan per porsi atau dapat disajikan dalam hidangan buffet atau prasmanan.

c. Sayuran, hidangan sebagai pelengkap nasi atau makanan pokok lainnya yang biasanya berkuah berasal dari bahan tumbuhan dan khewani, bahan pati atau dicampur ketiganya. Hidangan sayur ini dapat di sajikan dengan nasi atau di makan tersendiri. Sayuran dapat di bagi menjadi

1) sayuran berkuah yaitu antara isi dan kuah dengan perbandingan 1 : 3, dengan kuah yang bermacam-macam antara lain kaldu, air, santan. seperti sayur lodeh, sayur asem, empal gentong, soto, sup. Sayur bening

2) sayur yang macak-macak airnya (sedikitairnya), yaitu sayuran yang ditumis atau di oseng- oseng seperti tumis genjer, tumis kangkung, tumis buncis, tumis jamur.

3). Sayuran tanpa kuah yaitu sayuran dengan cara diolah atau mentah, dengan penambahan bumbu atau sambal sayuran ini juga sebagai pelengkap dengan nasi atau makanan pokok lainnya, seperti karedok, pecel, lotek, atau lalapan matang dan lalapan mentah yang disajikan dengan sambal.

d. Sedap-sedapan, sedap sedap atau kudapan merupakan hidangan berupa kue, baik rasanya manis maupun asin, kue atau sedapsedapan di Indonesia berasal dari bahan beras, beras ketan, tepung beras, tepung ketan, singkong, ubi jalar, sagu, jagung, pisang, buahbuahan. Sedap-sedap dapat berfungsi sebagai hidangan untuk upacara adat, acara istimewa, menjamu tamu, sebagai oleh-oleh. Tehnik dalam pembuatan sedap-sedapan sangat beragam yaitu menggoreng, mengukus, merebus, menyangan, ngabubuy dengan bentuk kue yang beraneka macam baik dari bentuk bungkusan mapun bentuk karena di menggunakan cetakan. Contoh hidangan sedap-sedapan yaitu kelepon, nagasari, masubah, pastel, comro, senteling, bagea, kue pepe, jongkong, dll.

e. Minuman, yaitu cairan yang dapat di minum yang berasal dari daerah, minuman dapat disajikan panas atau dingin, baik yang berisi mapun yang tidak berisi. Minumnan panas tidak berisi seperti kopi, teh, minuman panas berisi seperti bajigur, bandrek, wedang ronde, saraba. Minuman dingin yang tidak berisi seperti es jeruk, se kencur, se limun, bir peletok, sedangkan minuman dingin yang berisi seperti air mata pengantin, es campur, goyobod, cendol.

f. Kerupuk, merupakan hidangan pelengkap ketika makan yang memiliki renyah ketika di makan, kerupuk biasanya terbuat dari tepung tapioka yang diberi perasa bahan lain seperti ikan, terasi, udang, bawang, contohnya kerupuk bawang, kerupuk udang, kerupuk blek, kerupuk aci, kerupuk palembang, Selain itu kerupukjuga hidangan yang dibuat dari bahan itu sendiri dan renyah seperti emping.

Sumber : Modul 4 Pengolahan Dan Penyajian Makanan, PPG Dalam Jabatan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi 2018

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Sangat membantu dlm pembelajaran disekolah kejuruan khususnya tata boga

    BalasHapus
  2. Hi kak pintarilmu, apakah saya boleh meminta alamat sumber? karna saya sudah mencari sumber yg kk cantumkan saya tidak dapat menemukannya. Terimakasih

    BalasHapus