About Me

Potensi Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang

Masing-masing daerah memiliki ciri khas kerajinan yang menjadi unggulan daerahnya. Hal ini tentu dikarenakan sumber daya dari masing-masing daerah berbedabeda.

Di bawah ini merupakan contoh hasil limbah berbentuk bangun ruang yang dapat dimanfaatkan untuk kerajinan, dilihat dari kondisi wilayahnya.

a. Daerah Pesisir Pantai atau Laut.
Limbah berbentuk bangun ruang yang banyak tersedia adalah cangkang kerang laut, tulang ikan, tempurung kelapa, sabut kelapa, dan lainnya.

b. Daerah Pegunungan.
Limbah berbentuk bangun ruang yang banyak dihasilkan di daerah ini adalah biji-bijian kering, buah-buahan kering, kulit durian, dan lainnya.

c. Daerah Pertanian.
Limbah berbentuk bangun ruang yang didapat pada daerah ini adalah bijibijian kering, bunga kering, kulit pohon kering, dan lainnya.

d. Daerah Perkotaan.
Limbah berbentuk bangun ruang yang dihasilkan di daerah perkotaan biasanya kulit kacang, kulit telur, kemasan plastik, botol plastik, botol kaca, kemasan kaleng, dan lainnya.

Berbagai macam limbah berbentuk bangun ruang tersebut merupakan potensi yang sangat bermanfaat untuk bahan pembuatan produk kerajinan. Proses pengolahan masing-masing bahan limbah berbentuk bangun ruang secara umum adalah sama. Pengolahan dapat dilakukan secara manual maupun menggunakan mesin. Proses pengolahan limbah untuk produk kerajinan sudah di bahas pada materi semester 1. Kalian diharapkan dapat mengeksplorasi materi tersebut untuk pengolahan pada bahan limbah berbentuk bangun ruang.

Posting Komentar

0 Komentar