About Me

Pengertian Peralatan Restoran, Pengelompokkan Peralatan Restoran dan Fungsinya

A. Pengertian Peralatan Restoran
Peralatan restoran atau lebih tepat disebut juga alat hidang yaitu alat yang digunakan untuk kegiatan pelayanan makanan dan minuman baik secara table manner maupun prasmanan, dan menghidang makanan. Umumnya untuk menyajikan makanan untuk lebih dari satu orang, contohnya untuk acara makan keluarga pada satu meja makan atau pada untuk penyajian prasmanan. Peralatan yang dipergunakan dalam pelayanan makanan dan minuman berupa alat makan, alat hidang, dan linen.

B. Pengelompokkan Peralatan Restoran
Pengelompokkan peralatan restoran dikelompokkan berdasarkan:

1) Bahan
a) Keramik (china ware)
Peralatan yang berbahan dasar keramik ini disebut juga China ware, karena umumnya peralatan di China terbuat dari keramik Bahan keramik ini umumnya berwarna putih susu. Peralatan dari keramik juga terdiri dari:

b) Kaca (glass ware)
Bahan yang terbuat dari kaca ini bening, sehingga makanan atau minuman yang berada didalamnya dapat terlihat dengan jelas. Keuntungan dari menggunakan wadah makanan dari kaca ini jika ada unsur lain selain makanan atau minuman akan mudah terlihat dan tidak masuk kedalam mulut.

c) Logam (steel)
Kelompok peralatan yang terbuat dari logam atau disebut juga dengan Silver ware. Bahan logam yang dipergunakan sebagai bahan dasar pembuatan peralatan restoran adalah:

• Emas
• Perak
• Kuningan

Untuk bahan logam dari emas, perak dan kuningan jarang ditemui di masyarakat umumnya. Hal ini dikarenakan bahan baku yang mahal ini hanya digunakan untuk kalangan bangsawan saja. Umumnya alat-alat ini turun menurun ke setiap generasinya.

 Stainless Steel
Bahan baku Stainles steel ini sangat mudah dijumpai, karena sifatnya yang aman tidak ada kontaminasi untuk makanan dan minuman yang panas juga sangat mudah dalam pemeliharaan dan murah harganya.

d) Kain
Bahan dari kain ini sangat mudah dijumpai dan banyak ragam barangnya. Alat yang terbuat dari kain biasa disebut Lenan. Lenan yang umum digunakan untuk pelayanan makan dan minum adalah Molton, taplak meja (table cloth), Taplak meja hias (slip cloth), serbet makan (napkin) dan Serbet pelayan (service cloth).

e) Bahan lainnya (hollow ware)
 Tembikar
Tembikar berbahan dasar tanah liat yang telah melalui proses pembentukan dan pembakaran dengan suhu tinggi.

 Rotan
Rotan umumnya digunakan untuk membuat piring anyaman rotan. Karena susunan anyaman rotan ini kurang rata,umumnya piring ini dialasi daun pisang atau kertas nasi untuk menghindari jatuhnya bagian makanan.

 Bambu
Alat dari bambu sering kita jumpai seperti gelas bambu, piring anyaman bambu, dan bakul.

 Bagian Buah / Sayur
Bagian buah / sayur ini umumnya terbuat dari kulit labu atau batok kelapa.

2) Fungsi
a) Peralatan Hidang
Peralatan hidang digunakan sebagai wadah untuk menaruh makanan dan minuman yang disajikan ke tamu.

b) Peralatan Makan dan Minum
Peralatan yang digunakan untuk makanan dan minuman yang akan dimakan.

 Alat Makan (cutlery)
Alat makan yang langsung digunakan untuk menyuap maupun memotong makanan di piring makan.

c) Asesoris Meja
Asesoris yang dimaksud adalah alat hias pada meja makan. Yang berfungsi sebagai pelengkap. Seperti wadah lada dan garam (cruets/dish condiment), vas bunga (flower vase), tempat lilin (candle Holder) dan nomor meja (table number).

d) Lenan
Jenis lenan:
 Kain alas (Molton)
Kain alas atau disebut juga dengan Molton ini digunakan sebagai alas atau dasar dari taplak meja. Kegunaan kain alas ini adalah sebagai peredam bunyi, membuat taplak tetap pada posisinya, dan jika terjadi suatu kesalahan (minuman atau makanan berkuah tumpah) maka molton akan langsung menyerap cairan tersebut. Molton umumnya berbahan handuk atau lebih tebal tetapi menyerap cairan.

 Taplak Meja (Table Cloth)
Taplak meja makan dapat memberi suasana tersendiri terhadap ruang makan. ukuran taplak meja jangan terlalu besar maupun terlalu kecil dari ukuran meja makannya. Ukuran table cloth untuk meja persegi 76cm dan bulat diameter 1m dan meja buat diameter 1,5m adalah ukuran 183cm x 183cm. Sedangkan ukuran table cloth untuk meja persegi panjang ukuran 137cmx76cm dan ukuran 183cm x 137cm.

 Taplak Meja Hias (Slip Cloth)
Taplak meja hias atau slip cloth merupakan lenan tambahan yang keberaannya dapat menambah kesan tersendiri terhadap ruang makan. Ukuran slip cloth umumnya lebih kecil dari taplak meja, danmemiliki corak yang beraneka ragam sesuai dengan perkembangan dunia pariwisata. Bentuk dan warna slip cloth tidak harus sesuai dengan taplak meja, bahkan agar menimbulkan keceriaan ruangan, kekontrasan dan kesenadaan warna dapat dimainkan.

 Serbet Makan (Napkin)
Fungsi Serbet Makan
1) Penutup pangkuan agar terhindar dari makana yang jatuh ke pangkuan
2) Mengelap dan membersihkan mulut
3) Penutup mulut disaat mengambil tulang atau biji yang terbawa oleh makanan
4) Mengelap remah makanan pada jari tangan.

Posting Komentar

0 Komentar