About Me

Tipe-tipe Wirausaha, Sikap dan Perilaku Wirausaha

A. Tipe-tipe Wirausaha
1. Wirausaha sosial (socialpreneur)
Wirausaha sosial (socialpreneur) adalah seorang yang berusaha dalam aktivitas kewirausahaan dengan memiliki tujuan utama untuk menyelesaikan permasalahan sosial dan lingkungan hidup dengan memberdayakan komunitas melalui kegiatan yang bernilai ekonomi.

Kewirausahaan sosial diawali dengan keprihatinan terhadap keadaan sosial yang berujung menjadi sebuah model bisnis baru yang bermanfaat bagi pemberdayaan masyarakat sekitar (Karen, 2009). Hasil yang ingin dicapai bukan keuntungan materi atau kepuasan pelanggan, melainkan bagaimana gagasan yang diajukan dapat memberikan dampak baik bagi masyarakat (Susanto, 2007).

2. Intrapreneur
Intrapreneur adalah karakter wirausaha yang dimiliki oleh pekerja/karyawan dalam sebuah perusahaan. Berbeda dengan wirausaha, mereka bukanlah pemilik usaha melainkan pekerja kreatif dan inovatif yang selalu memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Mereka bisa sebagai eksekutif atau karyawan biasa, namun karena karakternya yang berbeda, mereka seharusnya dihargai dengan baik oleh perusahaan, serta memperoleh pengakuan dari orang-orang di sekelilingnya. Melihat karakter yang dimilikinya,seorang intrapreneur jelas bukanlah sekadar karyawan yang bekerja dengan rutinitas. Ia hadir dan memiliki keberanian untuk menantang hal-halyang biasa, berkarakter unik, didasari dengan niat yang kuat, melakukan temuan baru, memelihara pertumbuhan dan menjaga agar perusahaan tetap baik di mata pelanggan, dan tentu saja menyiapkan para penerusnya untuk membawa perusahaan mencapai puncak kejayaan.

Princhott (1985) mendefinisikan intrapreneur sebagai seorang yang memfokuskan pada inovasi dan kreativitas serta mentransformasi suatu mimpi atau gagasan/ide menjadi usaha yang menguntungkan untukdioperasikan dalam lingkup perusahaan (Budiharjo, 2011:152).

3. Technopreneurship
Technopreneurship merupakan gabungan dua kata, yaitu ‘teknologi’ dan‘enterpreneurship’. Teknologi adalah sesuatu yang digunakan untuk menuju pada penerapan praktis sains ke dunia bisnis dan sebagai pencipta alat-alat, untuk mengembangkan kemampuan dan pemanfaatan materi guna memecahkan permasalahan yang ada. Kata “Enterpreneurship” berasal dari kata entrepreneur yang menanggung risiko dan ketidakpastian untuk mencapai tujuan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang ada (Zimmerer & Scarborough, 2008).


Jika kedua kata di atas digabungkan, kata teknologi mulai mengalami penyempitan arti, karena teknologi dalam ‘technopreneurship’ mengacu pada IT(Information Technology), yaitu penggunaan komputer sebagai alat untuk memproses. Sebagai wirausaha, peluang akan dengan mudah dimanfaatkan seorang entrepreneur untuk membuat usaha baru dengan potensi profit yang besar.Entrepreneur dapat dengan mudah menganalisis permintaan barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat, bahkan dalam kondisi buruk seperti bencana dan kelangkaan.

B. Sikap dan Perilaku Wirausaha
Menurut Hendro (2008) sikap wirausahawan berbeda dengan sikap dan perilaku orang yang bukan wirausahawan. Sikap-sikap tersebut adalah:

1. Sikap yang selalu berfikir positif tentang menghadapi segala hal
2. Respon yang positif terhadap kritik, tekanan dan tantangan
3. Sikap yang berorientasi kedepan, berpikiran maju dan tidak mudah terlena akan hal-hal yang sudah berlalu.
4. Sikap tidak gentar terhadap komptetitor
5. Selalu ingin tahu
6. Ingin memberi yang terbaik untuk orang lain
7. Selalu penuh semangat dan berjuang keras
8. Punya komitmen yang kuat dan integritas yang tinggi

C. Perilaku Wirausaha
Perilaku seorang wirausaha dibedakan berdasarkan beberapa hal, yaitu:

1. Perilaku wirausaha secara individu
a. Teguh pendiriannya
b. Selalu yakin dengan apa yang dilakukan
c. Berperilaku professional
d. Optimis dalam segala perilaku yang dilakukan
e. Berpikir positif dalam menanggapi kritik dan saran
f. Tidak gegabah dalam mengambil keputusan
g. Selalu berpikir kreatif dan inovatif

2. Perilaku wirausaha secara social dan lingkungan
a. Berpenampilan rapi
b. Berperilaku baik
c. Senang memotivasi orang lain
d. Menjadi teladan bagi rekan bisnisnya
e. Pendai bergaul dan cakap dalam berkomunikasi

3. Perilaku wirausaha dalam pekerjaan
a. Berorientasi pada tujuan
b. Gila kerja dan bekerja dengan baik
c. Tidak suka menunda pekerjaan
d. Haus akan prestasi sempurna
e. Tuntas dalam mengerjakan tugas
f. Energik dan penuh semangat dalam bekerja
g. Menyukai pekerjaan yang menantang
h. Kreatif dan inovatif

4. Perilaku wirausaha dalam menghadapi resiko
a. Mengevaluasi resiko dan dampaknya terlebih dahulu
b. Mencari keputusan yang tepat dan optimal
c. Tidak takut terhadap resiko
d. Waspada dan antisipatif

5. Perilaku wirausaha dalam kepemimpinan
a. Seorang pemimpin yang berani mengambil keputusan
b. Selalu berperilaku dengan hati-hati
c. Membuat karyawan tenang dalam menjalankan tugas
d. Mempunyai karisma dan berjiwa besar

Perilaku dan sikap tidak dapat dipisahkan karenakeduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Sikap itu cara pandang dan pola pikir atas hal-hal yang dihadapinya. Sedangkan perilaku adalah tindakan dari kebiasaan atas kebenaran yang dipegang teguh oleh seseorang. (Hendro dalam Dasar-dasar Kewirausahaan halaman 166, tahun 2008)

Sumber : Modul 6 Produk Kreatif dan Kewirausahaan PPG Dalam Jabatan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi 2018

Posting Komentar

0 Komentar