About Me

Keterampilan Gerak Renang Gaya Kupu-kupu | Gerakan Kaki, Tangan, Mengambil Nafas dan Tips

A. Mengenal Aktivitas Gerak Renang Gaya Kupu-kupu.
Gaya kupu-kupu adalah salah satu gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. Sementara kedua belah kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air, dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air.

Merupakan gaya yang paling baru dan paling sukar serta membutuhkan waktu yang cukup untuk dipelajari. Dibandingkan gaya renang lainnya, berenang gaya kupu-kupu memerlukan kekuatan yang besar dari perenang. Jadi diharapkan akan lebih baik hasilnya untuk belajar renang gaya kupu-kupu jika siswa sudah menguasai renang gaya bebas, gaya dada, dan gaya punggung.

Perenang tercepat gaya kupu-kupu dapat berenang lebih cepat dari perenang gaya bebas. Kecepatan renang gaya kupu-kupu didapat dari ayunan kedua belah tangan secara bersamaan.

Berbeda dari gaya bebas, gaya dada, dan gaya punggung yang umumnya dapat mudah dikuasai, pemula perlu waktu lebih lama untuk mempelajari koordinasi gerakan tangan dan kaki dalam gaya kupu-kupu. Sebagian besar pemula juga menganggap gaya kupu-kupu sebagai gaya tersulit untuk dipelajari. Dibandingkan ketiga gaya berenang lainnya, teknik gerakan yang buruk dalam gaya kupu-kupu tidak dapat ditutupi dengan besarnya tenaga yang dikeluarkan perenang.

B. Analisis Keterampilan Gerak Renang Gaya Kupu-kupu
Melakukan gerak renang gaya kupu-kupu

1) Gerakan Kaki
a) Posisi awal, kaki dan paha dengan posisi lurus. Lutut tidak boleh ditekuk. Juga kedua telapak kaki dalam posisi agak berdekatan (agak rapat) satu sama lainnya.

b) Kemudian gerakan kedua kaki secara bersamaan sedikit ke atas permukaan air.

c) Kemudian jatuhkan ke dua kaki secara bersamaan ke bawah, sehingga memunculkan dorongan ke depan, pinggul akan terdorong dan naik ke depan.

d) Ulangi langkah b – c di atas

Perhatikan juga pinggul/pantat agak bergerak ke atas, sehingga akan memberikan gaya dorong ke depan yang lebih besar. Jadi kekuatan sebenarnya adalah di gerakan pinggul, bukan di kaki.

2) Gerakan Tangan
a) Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan berdekatan, tapi tidak perlu menempel satu dengan yang lainnya)

b) Kemudian tarik kedua tangan ke bawah secara bersamaan. Terus tarik sampai ke belakang.

c) Kemudian angkat kedua tangan secara bersamaan keluar dari permukaan air dan ayunkan kembali depan.

d) Ulangi langkah a – c di atas

Perhatikan: Ketika menjatuhkan tangan ke air, maka seolah-olah ibu jari menyentuh permukaan air lebih dulu (telapak tangan agak menghadap ke luar).

3) Gerakan Kombinasi Tangan, Kaki dan Mengambil Nafas.
Gerakan kaki seperti pada point 1) di atas. Kemudian gerakan kedua tangan ke bawah secara bersamaan. Pada waktu gerakan tangan ke bawah inilah saat kita sedikit menaikkan kepala ke atas untuk mengambil nafas. Gerakan kaki dan tangan dilakukan bergantian.

Perhatikan setiap gerakan dalam gerak renang gaya kupu-kupu, kemudian perhatikan pula kesalahan-kesalahan yang sering terjadi. Kesalahan yang sering terjadi ketika gerak renang gaya kupu-kupu adalah sikap badan kaku, badan tidak streamline, gerak anggota badan yang miring ke kanan dan ke kiri, cara ayunan tangan/kaki yang kurang pas, kaki/badan kurang rileks dan seimbang, dan tidak diikuti gerak lanjut. Bayangkan dan lakukanlah keterampilan yang sesuai dengan tujuan gerak dari gerak renang gaya kupukupu tersebut. Usahakan untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi.

Tips belajar renang gaya kupu-kupu :
a) Awalnya mungkin peserta didik hanya kuat 1/2 lebar kolam, teruskan belajar dan berlatih. Jangan khawatir karena memang gaya ini yang paling berat. Semakin sering peserta didik belajar dan berlatih, maka Anda akan semakin bisa.
Bila dirasa terlalu berat, Anda bisa memulai belajar dengan melakukan 2 putaran/pukulan gerakan kaki, baru kemudian diikuti 1 kayuhan/ pukulan gerakan tangan.

b) Setelah cukup lancar, maka mulai perbaikilah gaya ini dengan memperbaiki start awal gaya kupu. Kepala ditekuk agak ke bawah (dagu agak menempel ke dada) dan gerakan pinggul lebih dulu, sehingga kaki terangkat dan lecutkan/tendangkan kaki dengan posisi lurus sejauh mungkin ke belakang. Gerakan kaki jangan dilakukan secara berlebihan. Setelah itu baru gerakan tangan.

Berikutnya, gerakan kaki selalu dimulai dari pinggul. Untuk membantu gerakan pinggul agak naik ke atas, kepala bisa ditekuk ke bawah (dagu agak ditempelkan ke dada).

c) Posisikan tubuh selalu di permukaan air, jangan terlalu dalam.

d) Agar lebih cepat dan gerakan lebih stabil, lakukan 2 - 3 set gerakan kaki dan tangan baru kemudian menaikkan kepala untuk mengambil nafas.

e) Kesempatan kepala untuk naik ke atas permukaan air sangatlah sedikit dan sebentar (tidak seperti gaya dada), karena itu manfaatkanlah sebaik mungkin.

f) Ketika kepala sedang tidak ke atas permukaan air untuk bernafas, pastikan posisi dagu agak menempel ke dada. Ini akan menambah daya luncur gaya kupu menjadi lebih kuat.

g) Seringkali sewaktu tangan berada di dalam air, gerakan tangan membentuk seperti huruf S. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan dorongan yang lebih kuat ke depan. Tetapi ada juga guru yang mengajarkan gerakan tangan biasa saja, sehingga gerakan tangan bisa lebih cepat dan kuantitas gerakan tangannya lebih banyak.

Posting Komentar

0 Komentar